Bisnis gila dengan alam

Hutan pegunungan di Los Cedros, Ekuador Masih ada hutan yang kaya akan spesiesnya di Ekuador (© Bitty Roy) Foto udara pertambangan Mirador di Cordillera del Cóndor di Ekuador Tapi pertambangan seperti pertambangan tembaga ini terus memperluas usahanya (© Accion Ecológica)

15 Agu 2024

Politisi di seluruh dunia sependapat bahwa keanekaragaman hayati di dunia ini mutlak dilindungi. Tapi strategi Uni Europa (UE) bertentangan dengan pendapat ini. UE berkeinginan untuk terus memeras cadangan bahan mentah. Satu komentar dari pakar Amerika Selatan kami, Guadalupe Rodríguez.

Biodiversitas merupakan tulang punggung kehidupan. Hal ini selain penting bagi manusia juga bagi perlindungan lingkungan hidup dan iklim. Ini ditulis oleh Dewan Eropa di situs webnya. Dan ini berkenaan dengan keputusan negara-negara peserta Konferensi Biodiversitas PBB pada Desember 2022 di Montréal.

Negara-negara anggota UE dan komisi UE sadar akan ancaman terhadap keanekaragaman hayati - dan bagaimana mendesaknya kepentingan melindungi dan merestorasi alam yang sudah rusak. Kerja sama internasional memiliki arti sangat penting bagi pelestarian keanekaragaman ini. Tapi titik pusat strategi politik ini adalah kepentingan ekonomi yang mempengaruhi keputusan-keputusan UE.

Contohnya, Komisi UE mendesak pemerintah negara-negara UE untuk „mendengar suara dari perusahaan“. Pesannya: „Kita harus paham bahwa kita berurusan dengan aset alam, aset dasar masyarakat kita.“

Idenya: Pemerintahan mengambil alih kebijakan-kebijakan yang diajukan, termasuk diantaranya menghentikan kepunahan spesies. Sebab menurut Uni Internasional untuk Konservasi Alam (IUCN) satu juta spesies hewan dan tumbuhan terancam punah, banyak darinya bahkan akan lenyap dalam puluhan tahun mendatang.

Tetapi Komisi Eropa jelas punya ketertarikan agar perusahaan-perusahaan „berinvestasi“ di alam dan keanekaragaman hayati. Dengan demikian perusahaan-perusahaan itu selalu mendapat tempat istimewa dan pengaruh di acara-acara politik. Satu contoh dari kebijakan yang gila ini adalah pada Konferensi Perubahan Iklim PBB 2023 (COP 28) di Dubai. Di situ perusahaan-perusahaan minyak terbesar dunia ikut serta dan ikut menentukan suara. Ini jelas bentuk keikutsertaan kepentingan pribadi yang menyingkirkan kepentingan bersama. Kami bersama berbagai organisasi lingkungan hidup mengkritik keras kebijakan ini.

 

Alam bukanlah barang yang seenaknya bisa dijadikan uang

Masyarakat harus berbuat banyak agar pandangan moneter terhadap alam dan keanekaragaman hayati bisa dirubah. Oleh karenanya penting bagi kami berdiskusi dengan organisasi-organisasi mitra kami tentang perlindungan alam, kenakeragaman hayati dan hutan dengan segala aspeknya. Juga penting agar kita terus aktif menjaga alam.

Selamatkan Hutan Hujan menganggap kebijakan yang menyalahgunakan alam untuk bisa dijadikan uang sebagai solusi yang salah mutlak. Strategi kami adalah mempertahankan alam sebagai alam. Sebab alam memberikan kehidupan bagi mereka yang tergantung pada hutan, air dan tanah. Alam bukanlah barang yang bisa dibeli seenaknya dan dijual pada pihak yang mampu memberi tawaran tertinggi. 

Pesan buletin kami sekarang.

Tetap up-to-date dengan newsletter gratis kami - untuk menyelamatkan hutan hujan!