GRAIN: Penjelasan tentang Roundtable on Sustainable Palm Oil

Gambar komik seorang wakil RSPO tersenyum dengan empat orang miskin bermuka sedih Materi informasi dan pendidikan membantu para buruh dan masyarakat untuk lebih memahami RSPO. (© GRAIN)

26 Apr 2024

Lembaga GRAIN mempublikasi materi "Penjelasan tentang Roundtable on Sustainable Palm Oil" sebagai informasi dan pendidikan untuk membantu para buruh dan masyarakat untuk lebih memahami RSPO.

RSPO 19 tahun sudah cukup - Tahun yang lalu 100 organisasi lingkungan dan hak asasi manusia dari seluruh dunia, yang dipimpin oleh asosiasi petani kecil GRAIN, menyatakan bahwa 19 tahun penipuan dan pelabelan palsu dengan RSPO sudah cukup. Greenwashing dengan minyak sawit dengan sertifikat „berkelanjutan" harus dihentikan.

RSPO 20 tahun kesadaran belum cukup - waktu ada brosur yang memberi Penjelasan tentang Roundtable on Sustainable Palm Oil!  

Masih ada banyak kebingungan dan kurangnya kesadaran tentang apa itu RSPO dan apa artinya bagi masyarakat lokal, pekerja dan bahkan perusahaan yang menduduki tanah mereka. Organisasi-organisasi akar rumput dan aliansi internasional, termasuk GRAIN, sepakat untuk mengembangkan materi informasi dan pendidikan untuk membantu para buruh dan masyarakat untuk lebih memahami RSPO.

Semoga brosur ini bermanfaat! Silahkan download dan membacanya:

Dua puluh tahun lalu, Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO) dibentuk untuk mengatasi masalah-masalah deforestasi, perusakan habitat, emisi gas rumah kaca, dan masalah-masalah lain seperti pencemaran sumber air. Perusahaan perkebunan sawit telah dituduh melakukan perampasan tanah dari masyarakat adat dan masyarakat lainnya, kriminalisasi pembela HAM, serta berbagai pelanggaran hak asasi manusia dan perburuhan.

Para pendirinya RSPO mengatakan bahwa menyatukan 'pemangku kepentingan' dari berbagai industri, beserta organisasi-organisasi lingkungan dan sosial akan mencegah perusakan hutan dan memastikan penghormatan terhadap hak-hak pekerja perkebunan, petani kecil dan masyarakat adat.

Namun pengalaman selama dua dekade terakhir dengan RSPO menunjukkan bahwa RSPO telah gagal memenuhi tujuannya. RSPO bisa dikatakan telah menjadi sekedar organisasi 'kedok' industri, yang pada dasarnya lebih mementingkan untuk membantu melindungi perusahaan-perusahaan, memasarkan minyak sawit, dan memperluas model industrial monokultur, daripada sebagai sarana untuk memastikan pemenuhan standar yang lebih tinggi.

sumber: https://grain.org/ind/article/7133-penjelasan-tentang-roundtable-on-sustainable-palm-oil

Pesan buletin kami sekarang.

Tetap up-to-date dengan newsletter gratis kami - untuk menyelamatkan hutan hujan!