Bank Pohon didirikan di hulu sungai Tamiang

warga dengan bibit pohon di desa Pining, Gayo, Aceh Bibit kecil suatu hari akan tumbuh menjadi hutan yang besar (© Forum Harimau Pining) Pandangan dari Bank Pohon ke KEL Harapan bagi anak-cucu kami - luka-luka di kawasan ekosistem Leuser akan sembuh (© Forum Harimau Pining)

4 Nov 2022

Masyarakat Pining ingin menyembuhkan luka-luka hutan di kawasan ekosistem Leuser. Sekarang mereka telah mendirikan Bank Pohon dengan ribuan bibit pohon.

Masyarakat sebuah desa kecil di kawasan ekosistem Leuser yang bergabung di Forum Penjaga Hutan dan Sungai Harimau Pining sedang berada di hulu sungai Tamiang tepatnya di Pining. Di tengah derasnya arus sungai musim hujan ahkir tahun ini.

Pembela hutan Pining tersebut bersama Selamatkan Hujan Hujan terus memulai mendirikan Bank Pohon, pusat pembibitan lokal pohon berbuah, merestorasi dengan target awal 10.000 pohon untuk 100 hektar. Aneka pohon buah yang bernilai ekonomis bagi masyarakat lokal pingiran hutan dan bernilai ekologis bagi hutan di kawasan ekosistem Leuser yang melindungi masyarakat dari bencana banjir.

Selain menjadi sumber pendapatan bagi masyarakat adat Pining yang berprofesi sebagai petani, Bank Pohon dalam jangka panjang akan terus berkontribusi memberikan bibit pohon berkualitas. Pusat pembibitan, yang juga diharapkan berkontribusi baik menjaga ekosistim, tempat para aneka burung singgah di dahan pohon.

Kawasan hutan Pining yang menjadi tangkapan air di hulu sungai Tamiang harus dijaga dengan baik dalam upaya mitigasi menghilangkan bencana banjir, harus menjadi tangung jawab bersama hilir dan hulu.

Dengan segala keterbatasan yang masyarakat Pining miliki mereka terus berupaya berkontribusi meningkatkan pendapat masyarakat adat lokal dalam upaya menjaga kawasan hutan, bukan saja bagi masyarakat lokal tapi juga bagi manusia di seluruh bumi.

Pesan buletin kami sekarang.

Tetap up-to-date dengan newsletter gratis kami - untuk menyelamatkan hutan hujan!