Semua mata menuju Yasuní: Minyak bumi harus tetap di dalam bumi

Penduduk dengan spanduk yang bertuliskan „Ya untuk Yasuní Manabí" Di seluruh Ekuador rakyat mendukung kampanye perlindungan Taman Nasional Yasuní dari ancaman industri minyak (© Yasunidos) Aliran sungai di hutan hujan di Taman Nasional Yasuní Aliran sungai di hutan hujan di Taman Nasional Yasuní (© Pedro Bermeo) Asap dan api yang berasal dari semburan gas di sebuah lahan hutan hujan yang sudah ditebang Semburan gas dari industri minyak di hutan hujan Amazon di Ekuador (© Klaus Schenck)

Satu tahun lalu rakyat Ekuador telah memberikan suaranya untuk membiarkan minyak bumi berada disebagian wilayah Taman Nasional Yasuní. Tapi pemerintah Ekuador berusaha mengundur penghentian pertambangan minyak hingga bertahun-tahun. Tolong desak Mahkamah Konstitusi Ekuador untuk melaksanakan hasil Referendum yang sah.

seruan

Kepada: Mahkamah Konstitusi Ekuador

“Mahkamah Konstitusi Ekuador harus memberi petunjuk agar pertambangan minyak di blok 43 di Taman Nasional Yasuní segera dihentikan”

Membaca surat

Bulan Agustus 2023 penduduk Ekuador telah memberikan suara pada sebuah referendum yang unik di dunia yang menuntut penghentian pertambangan minyak di sebagian wilayah Taman Nasional Yasuní. Dengan 59% suara, masyarakat telah memberi pemerintah dan jawatan yang berwenang sebuah mandat. Minyak bumi di blok konsesi 43 harus selamanya berada di dalam bumi.

Alam di Yasuní adalah salah satu wilayah dengan spesies yang paling beraneka ragam di dunia. Masyarakat adat yang hidup terisolir di sana harus dilindungi. Arti penting dari Yasuní tidak hanya terbatas pada Ekuador. Biodiversitasnya merupakan kekayaan dunia. Tak terhitung jumlah flora dan fauna endemik yang hidup disana. Banyak diantaranya masih belum diteliti secara ilmiah. 

Selain itu Yasuní sangat penting bagi perlindungan iklim global. Hutan hujan menyimpan sejumlah besar karbon dan menolong mengatur iklim dunia. Perlindungan Yasuní bukan saja kewajiban terhadap hak-hak alam dan masyarakat adat yang hidup sengaja mengisolasikan diri, tapi juga tanggung jawab yang menyangkut seluruh manusia di dunia.

Sesungguhnya pada Mai 2023 Mahkamah Konstitusi Ekuador secara hukum telah mengakui keabsahan referendum dan menetapkan bahwa pertambangan minyak harus segera ditutup dan dalam tempo satu tahun pabriknya harus dibongkar.

Namun pemerintah Ekuador tidak bereaksi yang sama dan bahkan menawarkan bantuan pertambangan minyak selanjutnya selama lima tahun dan pabriknya dibongkar baru di 10 tahun ke depan. Pemerintah mendasarinya pada efek ekonomi jangka pendek.

Usulan pemerintah tidak dapat diterima karena bertentangan dengan tuntutan rakyat dan melanggar konstitusi. Kami desak Mahkamah Konstitusi untuk menjalankan keputusan rakyat yang mengikat. Tolong tanda tangani petisi kami!

Latar belakang

Kritik pada laporan pemerintah

Pada Agustus 2024 pemerintah Ekuador telah membuat laporan yang menyatakan bahwa pertambangan minyak di blok 43 akan terus beroperasi selama 5 tahun ke depan. Untuk pembongkaran pabriknya pemerintah memberi waktu hingga 2034.  Usulan pemerintah ini didasari pada kepentingan finansal dan logistik.

Dengan begitu pemerintah mengabaikan mandat dari referendum. Pengunduran waktu yang begitu lama tidak saja membahayakan masyarakat adat yang hidup terpencil dan keutuhan Taman Nasional Yasuní, tapi juga melanggar pemenuhan kemauan berdemokrasi rakyat Ekuador dan perlindungan sebuah ekosistem yang penting bagi dunia.

Mahkamah Institusi Ekuador pada Mey 2023 dengan keputusan tentang keabsahan referendum dengan jelas telah memutuskan bahwa penghentian pertambangan minyak dan pembongkaran pabrik harus selesai paling lama dalam tempo satu tahun. Perpanjangan batas waktu hingga bertahun-tahun berarti melanggar langsung hak alam dan masyarakat adat dan mengabaikan arti dari perlindungan Yasuní bagi perlindungan iklim global. Sekarang Mahkamah Konstitusi harus melaksanakan keputusannya.

Apa yang membuat Yasuní begitu penting?

Taman Nasional Yasuní adalah harta karun dunia. Taman ini dinobatkan tahun 1979 sebagai kawasan lindung nasional dan merupakan salah satu wilayah dunia yang sangat kaya biodiversitas. Wilayah ini tidak saja penting bagi Ekuador, tapi juga bagi kelestarian biodiversitas dan pencegahan perubahan iklim dunia. Hutan hujan Amazon sangat berarti bagi siklus air di Amerika Selatan dan pelestariannya berdampak global. 

Selain itu di Yasuní hidup berbagai kelompok masyarakat adat yang sengaja mengisolasi diri dari dunia luar, seperti Tagaeri dan Taromenane. Keberlangsungan hidup mereka bergantung pada perlindungan wilayahnya dari perluasan pertambangan minyak. Pertambangan minyak blok 43 telah mencemari lingkungan dan menyebakan kesehatan penduduk sangat buruk. Perlindungan Yasuní bukan saja berhubungan dengan HAM, tapi juga dengan tanggung jawab yang harus dipikul seluruh dunia.

Jumlah biodiversitas di Yasuní  

(sumber Si al Yasuní)

  • Lebih dari 100.000 jenis seringa per hektar
  • 94 jenis semut di satu pohon
  • 10 jenis primata
  • 1130 jenis pohon (di seluruh Indonesia 5.716 jenis pohon)
  • 81 jenis kelelawar
  • 540 jenis ikan dalam sebuah bagian sungai dengan panjang 5 kilometer
  • 165 jenis mamalıa
  • 130 jenis amfibi
  • 72 jenis reptil
  • sekitar 630 jenis burung

Inisiatif-Yasuní

Selamatkan Hutan Hujan mendukung Yasunidos dan Inisiatif-Yasuni sejak hampir 20 tahun - dengan petisi, informasi, donasi dan kerja jaringan.

 

Surat

Kepada: Mahkamah Konstitusi Ekuador

Yang terhormat para hakim Mahkamah Konstitusi,

mayoritas rakyat Ekuador pada 20 Agustus 2023 telah memberikan suara untuk penghentian segera pertambangan minyak di blok konsesi 43 di Taman Nasional Yasuní. Hasil referendum ini harus ditaati.

Kami menuntut pentaatan keputusan Mahkamah Konstitusi yang menunjuk penghentian pertambangan minyak dan pembongkaran pabriknya di blok 43 di Taman Nasional Yasuní dalam tempo satu tahun dan perlindungan bagi masyarakat adat yang hidup terpencil. 

Meneruskan eksploitasi besar-besaran cadangan minyak dan terus mengundur tempo pembongkaran pabrik minyak tidak dapat diterima. Yasuní telah memutuskan untuk biodiversitas dan iklim global.

Laksanakan mandat rakyat dan lindungi alam!

Dengan hormat,

Footnotes

blok konsesi 43

Blok konsesi 43 yang juga disebut ITT mencakup 3 ladang minyak: Ishpingo, Tambococha dan Tiputini (itu sebabnya disingkat ITT) yang memiliki luas keseluruhan 162.000 hektar. 78.000 hektar diantaranya berada di wilayah Taman Nasional Yasuní.



(sumber Si al Yasuní)

Si al Yasuni, tanpa tanggal. ¿Qué es el Yasuní?: https://sialyasuni.com/en/facts-about-yasuni/


informasi

Selamatkan Hutan Hujan, 2023. Ekuador: Pertambangan minyak di Taman Nasional Yasuní dihentikan oleh referendum!: https://www.hutanhujan.org/updates/11693/ekuador-produksi-minyak-di-taman-nasional-yasuni-oleh-referendum-dihentikan

Petisi ini tersedia dalam bahasa-bahasa berikut:

16.528 Pendukung

Bantulah kami mencapai 50.000:

aktivitas sebelumnya

Pesan buletin kami sekarang.

Tetap up-to-date dengan newsletter gratis kami - untuk menyelamatkan hutan hujan!