Hutan hujan pegunungan yang tertutup awan di wilayah INTAG di utara Ekuador Hutan hujan pegunungan di wilayah INTAG di utara Ekuador (© Klaus Schenck) Monyet laba-laba berkepala coklat berpegangan erat di dahan Di hutan hujan pegunungan di utara Ekuador hidup monyet laba-laba berkepala coklat yang kini terancam punah. (© Istockphoto/GummiBone) Hutan hujan pegunungan Los Cedros, Ekuador Hutan hujan pegunungan Los Cedros di Ekuador (© Istockphoto/Kalistratova) Pertambangan terbuka di hutan hujan Ekuador Tambang tembaga di hutan hujan Ekuador (© CASCOMI) Tanah kita - nuestra tierra! Rantai manusia dengan spanduk menentang perampasan lahan di Ekuador Tanah kita - nuestra tierra! Aksi protes menentang perampasan lahan di Ekuador (© Stiftung Amazonica)

Kemenangan “Hak-hak alam” di pengadilan

Perusahan tambang memburu tembaga dan emas di hutan hujan pegunungan Andes di Ekuador. Organisasi OMASNE memimpin perlawanan masyarakat menentang pertambangan, dan baru-baru ini telah berhasil membuat hal yang spektakuler bagi hak-hak alam.

Ikhtisar proyek

Topik proyekHabitat

Tujuan proyek Lindungi hutan hujan pegunungan tropis dari kerusakan akibat pertambangan terencana

Kegiatan Informasi, publikasi, jaringan dan lobby kerja, pendidikan lingkungan hidup, podcast

Hutan hujan pegunungan Andes di Ekuador yang tertutup awan termasuk ke dalam ekosistem yang terkaya di dunia. Di antara tumbuhan merambat, pakis dan anggrek, hidup monyet laba-laba berkepala coklat dan beruang berkaca mata yang kini terancam punah. Di wilayah lindung Los Cedros seluas 6000 hektar terdapat 315 jenis burung, 5 jenis kucing dan 3 jenis monyet serta lebih dari 400 jenis anggrek.

Tragisnya, di bawah hutan itu terkandung emas dan tembaga. Ini sebabnya perusahaan pertambangan internasional bersama dengan negara setempat selalu memburunya. Sebagian besar hutan hujan pegunungan itu, sesuai rencana mereka, akan dijadikan tambang besar terbuka dan limbah racun tambang akan dialirkan ke sungai.

Bersama-sama cegah pertambangan

Penduduk setempat dengan tegas dan hingga kini berhasil mencegah pertambangan. Banyak dari mereka yang menggabungkan diri dengan OMASNE (Observatorio Minero Ambiental y Social del Norte del Ecuador). Kelompok ini meneliti, mendokumentasi proyek-proyek pertambangan dan mengorganisir workshops, pertemuan dan demonstrasi di komunitas yang bersangkutan. Serta melakukan publikasi, pendidikan lingkungan hidup dan menentang proyek-proyek pertambangan lewat jalur hukum.

Selamatkan Hutan Hujan sejak lama mendukung OMASNE dengan donasi, jaringan kerja dan kampanye. Hingga kini kami bersama-sama mampu mencegah proyek pertambangan. Namun tidak sampai disitu. Kerja ini membutuhkan banyak keterlibatan pihak dan biaya untuk memungkinkan perjalanan menuju pertemuan, demonstrasi dan jadwal pengadilan serta membayar pengacara, mempersiapkan bahan informasi dan mengadakan workshops. OMANSE juga mempunyai satu stasiun penelitian di hutan hujan pegunungan Los Cedros.

Lindungi “hak-hak alam“

Pertambangan mineral dan minyak bumi di Ekuador menyebabkan perusakan dan pencemaran alam serta konflik tajam dengan penduduk. Gugatan atas proyek-proyek tersebut sering ditolak atau dibaikan pihak berwenang. Oleh karena itu Mahkamah Konstitusi Ekuador menetapkan keharusan melindungi hak-hak alam.

Keberhasilan yang luar biasa ketika penduduk Los Cedros berhasil memenangkan gugatan atas pertambangan tembaga di pengadilan. Proses hukumnya sendiri telah berjalan selama tiga tahun.

Pada Desember 2021 Mahkamah Konstitusi Ekuador telah mencabut semua ijin yang telah diberikan kepada proyek pertambangan. “Ekosistem Los Cedros merupakan penyangga hak atas eksistensi hewan dan tumbuhan serta atas pelestarian siklus, struktur, fungsi dan proses evolusi mereka”, demikian keputusan pengadilan. Oleh karena itu di hutan tidak boleh dilakukan kegiatan yang melanggar hak-hak alam seperti yang sudah ditetapkan hukum. Ini artinya: Larang pertambangan! Mitra kami OMASNE telah menyurati kami:

“Terima kasih atas kerja samanya sehingga kita telah berhasil membebaskan Los Cedros dari pertambangan. Keputusan itu menjadi preseden penting ditingkat lokal, nasional dan internasional. Ini merupakan kesuksesan yang luar biasa!”

Selamatkan Hutan Hujan sejak 25 tahun mendukung penduduk Ekuador menentang industri minyak dan pertambangan. Berkat donasi Anda, kami bisa terus berkontribusi melestarikan hutan hujan pegunungan dengan biodiversitasnya yang sangat kaya, melindungi iklim serta memastikan dihormatinya HAM dan mata pencaharian masyarakat adat.

Jika Anda ingin mendukung tujuan ini dengan donasi, silahkan klik “Hutan Hujan”.

Pesan buletin kami sekarang.

Tetap up-to-date dengan newsletter gratis kami - untuk menyelamatkan hutan hujan!