Hannover Messe - Investasi Jangan Korbankan Lingkungan dan HAM

Jokowi dan kanselir Olaf Scholz Tawaran Indonesia kepada para investor di Hannover Messe 2023: Tambang, peleburan nikel dan kawasan industri, bukan pelindungan hutan hujan (© Deutsche Messe) delegasi Indonesia di konferensi Delegasi Indonesia menunggu para investor (© RdR)

24 Apr 2023

Pada pameran industri terbesar di dunia di Hannover, Indonesia menjadi negara mitra tahun ini dengan moto "perjalanan yang tidak pernah berakhir". Negara Asia Tenggara ini berharap untuk menjadi salah satu dari sepuluh negara dengan perekonomian terbesar di dunia pada tahun 2030. Betahita melaporkan tentang siaran pers Selamatkan Hutan Hujan.

Indonesia adalah salah satu negara mitra Hannover Messe 2023. Dari lebih dari 7.000 peserta pameran dari seluruh dunia, lebih dari 470 perusahaan dan peserta pameran Indonesia akan menghadiri pameran tersebut dan mencari investor.

Banyak dari perusahaan tersebut menghasilkan keuntungan dengan mengeksploitasi alam dan merusak keanekaragaman hayati--dan dengan demikian, pada akhirnya, berdampak pada iklim. Proyek pertambangan dan infrastruktur skala besar--termasuk untuk infrastruktur hijau--seringkali mengabaikan hak-hak masyarakat adat, lokal dan miskin.

Demikian menurut Rainforest Rescue (Rettet den Regenwald eV), Watch Indonesia!, Stiftung Asienhaus dan International People's Tribunal (IPT) 1965, dalam siaran persnya.

Organisasi lingkungan dan hak asasi manusia dari Jerman mengingatkan calon investor akan tanggung jawabnya dan meminta perusahaan, bank, dan pemerintah untuk tidak berinvestasi dalam proyek yang merusak lingkungan dan mata pencaharian masyarakat. Investasi berdasarkan eksploitasi manusia dan sumber daya alam tidak ramah lingkungan dan tidak berkelanjutan.

Seperti yang dapat dilihat di halaman negara mitra situs web Hannover Messe, fokus Indonesia adalah pada keuntungan dan pertumbuhan: Janji pertumbuhan untuk “seluruh nusantara” merupakan indikasi bahwa eksploitasi alam dan manusia kini membayangi Indonesia bagian timur. Hal tersebut mengarah pada perampasan tanah, penghancuran budaya asli dan lokal, dan hilangnya hutan hujan di Sulawesi, Maluku, Papua, dan banyak pulau kecil lainnya.

“Meningkatkan nilai sumber daya alam” dan “memperkuat struktur industri” menunjukkan bahwa Indonesia tidak lagi puas menjadi pengekspor bahan mentah, tetapi berniat untuk mempertahankan lebih banyak rantai nilai di dalam negeri.

Ini berarti penciptaan zona industri khusus di mana hak-hak sipil dan tenaga kerja dibatasi, serta perluasan besar-besaran fasilitas manufaktur dan rantai pasokan. Mengingat pengekangan hak-hak sipil dan dominasi ekonomi pasukan keamanan, ini berarti serangan yang lebih kejam terhadap masyarakat, mata pencaharian dan alam mereka .

Perundang-undangan baru seperti “Omnibus Law” untuk penciptaan lapangan kerja dirancang untuk menciptakan lingkungan yang ramah investor, tetapi sebagian besar merusak standar lingkungan dan hak asasi manusia. Kriminalisasi terhadap pembela lingkungan dan hak asasi manusia sedang meningkat, begitu pula serangan kekerasan oleh pasukan keamanan yang bertindak dengan impunitas penuh.

Bagi investor beretika mana pun, kondisi untuk mengamankan bahan baku yang dicari oleh ekonomi global utara paling tidak meresahkan.

Banding oleh aktivis lingkungan dan hak asasi manusia kepada investor

Organisasi Rainforest Rescue, Watch Indonesia!, Stiftung Asienhaus dan International People's Tribunal 1965 mengeluarkan seruan kepada bisnis dan Pemerintah Indonesia. 

  • Pertama, meminta jangan berpartisipasi dalam penjualan Bumi. Indonesia memiliki hutan hujan terbesar ketiga di Bumi, yang sangat penting bagi keanekaragaman hayati dan iklim.
  • Kedua, mengejar pertumbuhan ekonomi dengan mengorbankan alam dan komunitas adalah kesalahan besar. Investor dari global Utara sedang menghancurkan mata pencaharian sebagian besar penduduk Indonesia.
  • Ketiga, berinvestasi dalam proyek yang merusak menimbulkan risiko besar tidak hanya bagi manusia, iklim, dan keanekaragaman hayati, tetapi juga bagi “keberlanjutan” perusahaan yang terlibat.

"Investasi berdasarkan eksploitasi alam dan manusia tidak berkelanjutan. Mereka tidak hanya menghancurkan mata pencaharian mereka yang terkena dampak langsung, tetapi basis kemanusiaan secara keseluruhan,” ujar Marianne Klute, Wakil Ketua Rainforest Rescue.

Marianne Klute mengatakan, penghormatan terhadap hak asasi manusia dan perlindungan keanekaragaman hayati dan alam harus menjadi dasar perjanjian dan perjanjian perdagangan.

Raphael Göpel dari Stiftung Asienhaus mengatakan, perampasan tanah di Indonesia harus dihentikan. Hutan terus ditebang dan orang-orang mengungsi demi keuntungan dan diduga atas nama perlindungan iklim--seperti dalam kasus penambangan nikel untuk baterai EV. Investor dalam proyek semacam itu memikul tanggung jawab dan harus memenuhi kewajiban uji tuntas mereka.

Transformasi digital dan transisi energi berkelanjutan adalah kata kunci yang digunakan Indonesia untuk mempromosikan investasi, bantuan keuangan, dan transfer teknologi. Mereka mewakili proyek infrastruktur besar-besaran yang telah mempengaruhi banyak komunitas. Mulai dari sumber air mengering, air minum dan udara tercemar, tanah pertanian hancur dan tempat penangkapan ikan diracuni.

Ini terjadi dengan latar belakang meningkatnya militerisasi dan meningkatnya pembatasan kebebasan berekspresi dan kebebasan pers. Investor dan pemerintah harus menyadari dampak ini dan bertindak sesuai--sebagaimana diatur dalam perjanjian internasional seperti Konvensi Perlindungan Hak Masyarakat Adat. Perlindungan iklim internasional dan penghormatan universal terhadap hak asasi manusia adalah dua sisi mata uang yang sama.

Sumber https://betahita.id/news/detail/8698/investasi-jangan-korbankan-lingkungan-dan-ham.html?v=1682305572

Siaran Pers (bahasa Inggris) https://www.rainforest-rescue.org/press-releases/11430/hannover-messe-no-to-investments-at-the-expense-of-the-environment-and-human-rights

Kunjungan Selamatkan Hutan Hujan (bahasa Jerman) https://www.regenwald.org/updates/11432/hannover-messe-verheisst-fuer-den-regenwald-nichts-gutes



Halaman ini tersedia dalam bahasa berikut:

Pesan buletin kami sekarang.

Tetap up-to-date dengan newsletter gratis kami - untuk menyelamatkan hutan hujan!