Tidak untuk pertambangan - suara masyarakat di wilayah tambang sampai ke Uni Eropa

Selamatkan Hutan Hujan didepan Parlamen Uni Eropa Perdebatan tentang "Hak untuk Mengatakan TIDAK pada Pertambangan" dengan organisasi-organisasi sekutu (© Salva la Selva)

3 Mar 2023

Perlawanan terhadap pertambangan untuk bahan baku seperti litium, nikel dan tembaga terdengar sampai ke Parlemen Uni Eropa.

Uni Eropa memiliki strategi yang komprehensif yang berkisar pada apa yang disebut sebagai ekonomi "hijau". Pilar utama dari strategi ini adalah transisi energi, tetapi juga digitalisasi. Untuk mencapai tujuan-tujuan ini, dibutuhkan bahan baku dalam jumlah besar. Perusahaan-perusahaan sedang mengandalkan sumbernya dari berbagai sumber, terutama dari negara-negara di Selatan. Saat ini, litium adalah salah satu logam yang paling didambakan dan perlombaan untuk mendapatkan akses ke tempat-tempat yang diharapkan dapat diekstraksi. Tembaga dan nikel adalah bahan lain.

Lomba atas bahan mentah untuk sektor energi, kendaraan dan digital didampingi oleh dampak terhadap alam dan masyarakat di negara produsen. Suara-suara perlawanan terhadap pertambangan jarang didengar. Karena pengabaian yang tak henti-hentinya, acara yang berlangsung pada 28 Pebruari 2023 di Parlemen Eropa ini sangat penting dimana suara perlawanan terhadap pertambangan akhirnya terdengar. Visi yang disampaikan oleh perwakilan masyarakat sangat beragam dan didengarkan dengan penuh perhatian oleh semua yang hadir, di bawah pengawasan Pelapor Khusus PBB untuk Pembela Hak Asasi Manusia.

Perlu dicatat bahwa Parlemen Eropa saat ini sedang mendiskusikan Pedoman tentang tanggung jawab perusahaan asing di Eropa dan perusahaan Eropa di negara-negara di luar (CSDDD). Bagaimanapun juga, strategi bahan baku Eropa pada umumnya, dan arahan ini pada khususnya, tidak terlalu memperhatikan situasi nyata seperti yang terjadi pada masyarakat yang menolak pertambangan. Karena hukum tidak perpihak lingkungan, tidak membela bumi atau hak asasi manusia, tetapi, singkatnya, undang-undang UE mendukung kenyamanan ekonomi Eropa dan melanggengkan sikapnya yang kolonialis.

Untuk alasan ini, dari jaringan "Kehidupan YA - Pertambangan TIDAK" (Yes to Life No to Mining YLNM), di mana Selamatkan Hutan Hutan menjadi salah satu anggotanya, kami memutuskan untuk berkontribusi, sesuai dengan keyakinan kami, untuk menggemakan suara-suara dari mereka yang menentang pertambangan secara langsung, menunjukkan adanya pola-pola pelanggaran hak-hak di bidang pertambangan, dan bukan hanya kasus-kasus yang terisolasi.

Berkat inisiatif yang muncul dari akar rumput dan dari Selatan, serta berbagai diskusi yang berlangsung secara global mengenai kemajuan pertambangan yang merusak, urgensi untuk membuka ruang yang jauh lebih penting bagi hak-hak masyarakat untuk mengatakan TIDAK pada pertambangan telah muncul.

Dalam hal ini, selama pertemuan, sebuah perangkat penting yang dikembangkan oleh organisasi non-pemerintah dipresentasikan, yang mencakup perangkat hukum untuk memperkuat hak masyarakat untuk mengatakan TIDAK terhadap ekstraktivisme. Diskusi ini dikumpulkan melalui kerja jaringan yang berbeda, seperti halnya YLNM dan para sekutunya, organisasi-organisasi yang hadir di Brussels dapat berkolaborasi untuk menguraikan perangkat ini dan meletakkan masalah ini di atas meja.

Inisiatif ini dimungkinkan oleh Marie Toussaint MEP. Anggota parlemen lain yang berbicara dalam debat, seperti Manon Aubry (kelompok GUE / NGL) dan Soraya Rodriguez (Renew Europe Group) menyatakan pentingnya suara Uni Eropa dan pada saat yang sama menyuarakan keprihatinan tentang lobi yang kuat yang mereka tahu akan dilakukan oleh sayap kanan kamar Euro untuk melemahkan arahan parlemen yang disebutkan di atas, dengan argumen yang biasa mereka gunakan bahwa legislasi dapat "membahayakan aktivitas perusahaan", tidak ragu-ragu untuk menempatkan hak asasi manusia di urutan terbawah dalam prioritas mereka. Aubry mengatakan bahwa ia mengetahui kenyataan yang disampaikan oleh para perwakilan Uni Eropa yang hadir dari pengalaman langsung di Republik Demokratik Kongo.

Guadalupe Rodríguez, dari Selamatkan Hutan Hujan, menekankan pada akhir sesi tentang hak masyarakat untuk menentang pertambangan ketika hal tersebut menghalangi cara hidup mereka sendiri dan mengancam wilayah dan integritas penduduk mereka, dan menunjukkan bahwa memiliki hak untuk mengatakan TIDAK pada ekstraktivisme sangatlah penting selama undang-undang yang ada tidak dihormati. Perdebatan sedang berlangsung dan kami sedang bekerja keras untuk menjadikannya global.

Halaman ini tersedia dalam bahasa berikut:

Pesan buletin kami sekarang.

Tetap up-to-date dengan newsletter gratis kami - untuk menyelamatkan hutan hujan!